Wednesday 12 October 2016

Yuk, Liburan Seru Sambil Hunting Kulineran Khas Bali!


Jadi, dari 2 bulan yang lalu saya dan sahabat saya Nina sudah beberapa kali kita ngatur rencana untuk pergi liburan bareng. Agaknya kerjaan yang lagi hectic-hecticnya bikin kita mumet juga sama kerjaan dan mulai butuh liburan yang agak lama. Dari mulai Bandung, Yogyakarta sampai Bali pun kita jadikan beberapa opsi tempat buat liburan nanti. Tapi karena memang belum ketemu waktu yang tepat jadi sampai saat ini masih jadi rencana aja.

Kalau ditanya pengen liburan kemana, saya kira Bali bisa jadi pilihan destinasi liburan yang seru banget apalagi kalau barengan sama sahabat. Secara di Bali semua orang udah tahu kalau disana banyak banget tujuan wisata yang bisa dipilih.

Dari mulai pantai, wisata kuliner, kebudayaan, tempat shopping bikin baik itu wisatwan lokal sampai mancanegara berbondong-bondong datang ke Bali. Karena hal ini pula akhirnya bisa dibilang penginapan di Bali pertumbuhannya sangat pesat karena memang jadi tempat wisata yang paling banyak diincar.

Coba aja deh kamu browsing di online travel agency, pasti akan nemuin banyak promo hotel murah di sana. Apalagi sekarang udah banyak banget yang menyediakan penginapan sesuai dengan selera dan juga budget kamu.


Image result for ayodya resort bali
Photo : Ayodyaresortbali.com

Kemarin pas searching-searching di situs traveloka gitu nemu salah penginapan namanya Ayodya Resort Bali. Penginapan ini letaknya itu strategis banget karena dekat dengan pantai Nusa Dua yang terkenal dengan pasir putihnya. Jadi, kalau mau liat keindahan pantainya gak perlu lagi deh jalan jauh-jauh. Selain itu karena Ayodya Resort Bali ini punya arsitektur yang khas tradisional Bali jadi bisa banget jadi tempat buat foto-foto seru.


Image result for ayodya resort bali
Photo : booking.com
Image result for ayodya resort bali
Photo : Tripadvisor.com
Image result for ayodya resort bali
Photo :JDlines.com

Tapi rasanya terlalu biasa ya, kalau ke Pulau Dewata ini nggak hunting kuliner khas Bali. Trus saya juga sempet cari kira-kira makanan apa saja yang harus saya cobain pas ke Bali nanti. Jadi ibaratnya kalau ke Bali itu liburan sambil hunting kuliner.

Ini dia nih menu wajib yang katanya harus di cobain kalau ke Bali!

Ayam Betutu


Image result for ayam betutu
Photo :Perut Gendut

Pertama melangkahkan kaki di Bali makanan pertama yang harus kamu coba adalah Ayam Betutu. Kuliner ini memang terkenal banget karena salah satu yang khas dari Bali. Cara mengolahnya pun terbilang unik, ayam kampung utuh yang diberi bumbu lengkap di dalam perutnya, dibungkus daun pisang, lalu dipanggang selama 24 jam. Maka saat kamu mencicipi Ayam Betutu akan terasa bumbunya yang menyatu dengan daging ayam dan ini cocok buat kamu yang suka sama kuliner pedas.

Ternyata kuliner ini sudah ada sejak jaman kerajaan Majapahit dan pengolahan aslinya adalah ayam kampung yang sudah dimasukin bumbu, dibungkus daun pinang, lalu dimasukkan ke dalam gerabah atau kuali. Setelah itu diberi sekam bara api yang berasal dari padi selama 24 jam. 

Kalau kamu berkunjung ke Nusa Dua cobain deh Ayam Beutut di Warung Betutu Bu Kadek Wati yang katanya udah terkenal banget kelezatan ayamnya.

Sate Lilit


Image result for sate lilit
Photo : Resep Hari Ini

Setelah mencicipi Ayam Betutu, selanjutnya adalah Sate Lilit. Sate khas Bali ini berbeda dari sate kebanyakan yang sering kamu temuin nih. Sate Lilit ini sebenarnya bahan dasarnya beragam, bisa daging ayam, daging sapi, atau daging ikan tenggiri, yang dicincang halus dan dicampur aneka rupa bumbu tradisional serta kelapa parut. Setelah daging dan bumbu menyatu, dililitkan ke batang serai., lalu di bakar di atas arang Batok. 

Soal rasa, Sate Lilit ini selain memiliki tekstur yang lebut dan empuk tapi juga citra rasanya yang gurih dan manis dengan harum serai yang menambah selera makan. Salah satu restoran Sate Lilit di Bali yang terkenal lezat adalah Warung Be Paseh. Di sini terkenal sekali Sate Lilit ikan tenggirinya.

Serombotan


Image result for serombotan
Photo : Masakandapurku.com

Habis makan kuliner serba daging biar seimbang cari kuliner yang bahan utamanya serba sayur, seperti Serombotan. Serombotan ini sebenarnya mirip sama kuliner khas Jawa, yaitu Pecel. Bahan-bahannya pun sama terdiri dari berbagai macam sayur mayur, tauge, buncis, bayam, pare, kacang panjang. 

#FYI aja ternyata di Indonesia ini memang setiap daerah punya satu kuliner yang mirip-mirip seperti pecel dan serombotan tadi ada juga Nasi Dagang di Bintan yang juga serupa dengan Nasi Uduk yang ada di Jakarta.

Meskipun hampir sama dengan pecel tetep aja berbeda sehingga membuat citra rasa Serombotan semakin spesial. Kalau pecel diguyur bumbu kacang, maka Serombotan diberi santan yang berbumbu, dipadu bumbu kacang serta bumbu pedas. 

Rasanya segar dan gurih. Meski aslinya dari daerah Klungkung Bali, tetapi Serombotan banyak di jual di pasar-pasar tradisional yang terdapat di Bali. Kamu juga bisa hunting Serombotan sekalian blusukan ke pasar tonal sambil huting barang yang lucu-lucu.

Rujak Bulung


Image result for Rujak Bulung
Photo : Vivalog
Wah kalau rujak siapa yang gak suka dengan rujak yah?

Di berbagai daerah dimanapun pasti punya banyak kuliner rujak khas daerahnya masing-masing. Kalau kamu ke Bali cobain deh rujak yang satu ini , bahan dasarnya tidak hanya buah-buahan, tetapi juga terdapat rumput laut segar yang diberi bumbu. Nah, Bumbu Rujak Bulung sangat unik, bukan sambal seperti kebanyakan rujak.  Tetapi bumbunya kuah pindang ikan tuna yang sangat pedas.

Penasaran kan? Kok ada rujak berupa kuah pindang ikan tuna yang pedas? Gimana rasanya ya? 

Biasanya kan rujak itu rasanya pedas, manis, dan asam. Biar nggak makin penasaran datang aja langsung dan cicipi sendiri rujak bulung.

Beberapa kuliner yang saya tulis ini masih sebagian kecil lho kuliner yang ada di Bali masih banyak lagi yang lainnya bisa kamu cicipin kayak Nasi Tepeng, Nasi Jinggo, Tipat Blayag, Lawar Kuwir, dan lain-lain. Saya jadi pengen cepet-cepet liburan ke Bali deh buat nyicipin semuanya dan yang pasti bisa menikmati panorama pantainya yang terkenal itu.

Kalau kamu sendiri punya rekomendasi destinasi liburan apa nih saat pergi ke Bali? 

1 comment:

  1. Pengen ke Nusa Penida atau Tanjung Benoaaaa.. :D Itu Ayam Betutunya keliatan enak banget. Menul menul gitu bikin emesh. Uh :3

    ReplyDelete