Friday 25 August 2017

Cara Menulis Efektif ala Andra Alodita. Kepoin Tipsnya di Sini, Biar Nggak Ada Lagi Istilah Writer's Block!




Kamu sering nggak sih saat ide-ide yang ada di kepala bermunculan, lalu kepengin nulis dan tiba-tiba sewaktu nulis jadi kayak ngeblank aja gitu? Kamu nggak tahu harus nulis apa dan mulai dari mana. Istilah kerennya writer's block. Jujur, saya termasuk yang sering banget kayak gitu. Buktinya, saat saya bikin komitmen untuk tulis "New Blog Post Every Week" di bio Instagram buat lebih rutin nulis, tetap aja dong lebih sering molor nulisnya. Saya ngerasain banget rasanya, ide sudah banyak dikepala, tapi waktu eksekusi jadi kayak malas-malasan buat nulis karena ngeblank.

Nah, maka dari itu sewaktu saya lihat Instagramnya Tinkerlust yang akan ngadain acara "Creative Writing for Blogger with Alodita", saya langsung tertarik banget buat ikutan. Langsung super ecxited banget deh! Soalnya, temanya itu spesifik banget tentang blogging dan memang itu yang lagi saya butuhin sekarang. Apalagi, pengisi acaranya Andra Alodita yang mana adalah blogger kesukaan saya. Oh iya, ini pertama kalinya saya ikutan acaranya Tinkerlust Talk yang ternyata rutin lho setiap bulan. Saya selalu suka event kayak gini karena selain bisa nambah ilmu, tapi juga kenalan sama teman baru. Kemarin saya pun dapet kenalan sesama teman blogger. Seru banget!

(Baca juga : Cara menyenangkan kurangi isi lemari dengan Tinkerlust)


Setelah sempat deg-degan nunggu pengumuman siapa aja 30 orang beruntung yang kepilih ke acara Tinkerlust Creative Writing for Blogging with Alodita yang juga disponsori sama Wardah, akhirnya saya pun terpilih. Yaynes! Sampai di hari-H, bertempat di Kinosaurus saya dan teman-teman yang lain langsung kepo dan penasaran seluk-beluk Andra selama nge-blog. #fyi, aja ternyata dulu ka Andra nggak suka banget sama nulis lho! Siapa yang sangka kalau dia bisa kayak sekarang. Nah, yang menarik dari sharing-sharing di acara itu adalah bagaimana cara menulis yang efektif ala Andra Alodita. 

Kalau kamu kebanyakan draft yang nggak bisa dieksekusi jadi postingan, kayaknya kamu harus mulai ikuti tips-tips yang dikasih sama ka Andra. Sayang banget kan, kalau semua ide-ide kamu nggak jadi tulisan. Semua berawal dari ide dan ide itu mahal sekali harganya. Nah, berikut adalah tips biar kamu makin luwes dalam menulis dan nggak writer's block lagi. Yuk, kepoin!

1. Tulis minimal 3 halaman setiap pagi


Poin penting yang pertama-tama harus kamu lakukan, dari sekarang harus rutin bawa jurnal atau notes kemana-mana. Ka Andra kasih tahu kalau dengan menulis di jurnal, ide-ide kamu nggak akan terlupakan begitu saja. Kalau tulis di handphone, pasti begitu selesai akan lupa begitu aja. Menulis dengan tangan di buku juga akan mengasah kreativitas kamu lho. Jadi, nulis itu bukan berarti di laptop. 

Nah, hal yang bisa mulai kamu lakukan adalah dengan membiasakan untuk menulis minimal 3 halaman setiap pagi. Kalau dirasa susah, kamu bisa mulai dari 1-2 halaman. Bisa mulai dengan tulis ide-ide kamu dan juga penjabarannya. Nah, kalau sudah kayak gitu, jadi lebih jelas dong arahnya. Kamu punya ide dan jadi tahu arah dari poinnya ingin dideskripsikan seperti apa. Ingat ya, menulis di sini adalah kamu menulisnya di buku jurnal. Jadi, setiap pagi sebelum beraktivitas, tulislah apa saja yang ingin kamu tulis. Seperti yang udah dijelasin di atas, bisa ide atau juga pengalaman dan keseharian kamu. Tulislah semuanya, tulis dan tuangkan apa yang ada dipikiran kamu. Nah, nantinya kamu pun akan terbiasa untuk bercerita dan menuliskannya di blog.

Jujur, besoknya setelah dikasih tahu tipsnya, saya langsung cari jurnal dan mulai tulis semuanya di sana. Kaget banget ternyata memang beneran jadi semudah itu buat nulis postingan. Nggak stuck lagi idenya karena bisa langsung tengok jurnal aja. Postingan saya sebelum yang ini adalah hasil dari penerapan dari tips yang ka Andra kasih. Thank you so much, ka Andra dan Tinkerlust yang udah bikin acara inspiratif kayak gini!

2. Bedakan waktu menulis




Lanjut ke tips yang ke-2, kamu harus bedakan waktu menulis. Ka Andra membagi penulisan di blog itu menjadi, menulis, mengetik, riset dan mengedit foto. Nah, semua proses itu harus bisa kamu bedaka waktunya. Ternyata, setelah saya telaah, hal inilah yang nggak pernah saya lakukan. Pantas saja kalau nulisnya kok malah nggak jadi produktif. Ternyata, memang semua itu harus dibedakan waktunya. Kalau kamu melakukannya secara bersamaan yang ada malah nggak bisa kekejar semuanya.

Menulis 

Nah, seperti yang udah di singgung di atas, penting banget biasakan bawa jurnal dan tulis semua yang jadi ide kamu di sana. Hal ini akan bantu kamu banget biar lebih luwes dalam menulis. Luangkan waktu kamu untuk menulis di jurnal, misalnya pagi hari agar saat nanti dipindahkan ke blog tinggal di lihat lagi aja deh.

Mengetik

Setelah kamu tulis itu di jurnal, sekarang saatnya kamu pindahkan ke laptop. Buka blog kamu dan tuliskan di sana. Nah, kalau kamu nulisnya on the spot, pasti ada saja bingung karena nggak tahu mau nulis apa. Beda, kalau sebelumnya kamu sudah nulis di jurnal, kamu bisa dengan mudah buat nulis apa yang ingin kamu tuangkan di blog. 


Riset

Waktu untuk riset juga harus kamu bedakan ya. Ada saatnya kamu harus riset, informasi-informasi pendukung buat tulisan kamu. Misalnya, saat jam istirahat di kantor atau sekolah, sambil nunggu makanan kamu bisa mulai browsing buat riset informasi yang dibutuhin.


Edit foto

Terakhir, tentunya foto-foto pendukung yang akan muncul di blog kita. Penting banget dong ada visualisasi gambar yang menggambarkan kondisi dari tulisan yang kamu buat. Nah, buat edit fotonya pun seharusnya kamu bedakan sendiri waktunya. Oh iya, ada tips dari ka Andra kalau sebaiknya sih foto itu minor editing. Buat aplikasi edit foto kamu bisa coba snapseed, vsco cam, photoshop, dan yang lain. Satu lagi nih, kalau ambil foto itu harus coba dari semua angle biar tahu posisi mana aja yang bagus.
 
I'm so lucky bisa ikutan acaranya! Kamu juga jangan lupa buat cobain tips-tipsnya dan semoga membantu buat kamu yang sering kena writer's block. Selain pulang bawa ilmu dan teman baru, saya juga bawa pulang goodie bag yang isinya produk dari Wardah. Suka banget deh sama isinya! 


Saya juga udah cobain dan review yang Wardah Intensive Mousturising Body Serum. Buat kamu yang mau baca, mampir ke sini ya!

Nah, satu lagi nih yang saya suka banget dari kata-katanya ka Andra tentang menulis. Buat kamu yang suka down duluan kalau lihat blog orang lain yang lebih bagus. Ingat kata-kata ini ya!


Selamat menulis teman-teman ❤

4 comments:

  1. Wah, acaranya Tinkerlust ya? Aku yang kali ini nggak ikut karena lagi KKN di Bogor huhu so sad. Padahal acaranya Tinkerlust selalu keren dan lokasinya selalu deket dari rumahku lol. :3
    Aku kadang suka ngerasa ekspetasi gak sesuai realita. Target pencapaian dalam sebulan 5-6 postingan tapi realitanya cuma 2-3 postingan. Parah banget! :(

    By the way, salam kenal ya kak! :)


    www.zahratsabitah.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. kereenn 1post /minggu semangat yaa ^^

    ReplyDelete
  3. Haii mba Roswitha makasiih sudah mampirr ke blog aku ya!! :) :)

    ReplyDelete