Saturday 3 February 2018

Blogging 101 | Q!Talk Vol 5 with Monalisa Deborah


Selamat datang di Q!Talk pertama di tahun 2018! Menyambut tahun baru ini saya excited banget sih buat bikin konten Q!Talk. Selain semoga bisa menginspirasi yang ikutan baca, saya pun jadi punya banyak banget inspirasi dan makin merasa bersyukur dikelilingi sama teman-teman baik yang juga positif banget. Kalau dikelilingi dengan lingkungan yang positif dan bikin kamu terinspirasi, pertahanin! 

Nah, di Q!Talk kali ini saya mau ngobrol-ngobrol sama Mona. Sebelumnya mau cerita sedikit, saya pertama kali ketemu dan kenal Mona itu di event blogger gitu deh. Kesan pertama waktu ketemu kelihatan banget orangnya humble dan menyenangkan. Setelah itu kami jadi lumayan sering ketemu di beberapa event blogger gitu. Ngobrol sama Mona juga cepat banget nyambungnya karena memang mungkin kita berdua punya kesukaan yang sama yaitu, blogging.

Lewat blognya www.blueskyandme.com, Mona menularkan begitu banyak inspirasi lewat tulisannya. Saya pribadi suka tulisan Mona  "Personal Thought" sama perjalanan liburan dia waktu ke Bali. Seru-seru banget! Saya senang kalau ketemu sama orang yang passionate banget sama ngeblog karena menurut saya blogging itu nggak cuma soal nulis dan curhat ala-ala. Tapi lebih dari itu banyak hal yang dipikirin. Mona menurut saya salah satu yang ngeblog pakai hati dan passion. Untuk itu saya tertarik banget buat ajak ngobrol Mona buat Q!Talk kali ini yang temanya "Blogging 101".

Penasaran nggak sih gimana Mona membangun blognya dan suka-dukanya sebagai blogger? Siapa tahu bisa jadi inspirasi buat kamu yang mungkin mau mulai nulis blog. Yuk, simak obrolannya!

1. Halo Mon, kalau boleh tahu sejak kapan suka nulis?

 
Halo Qi! Aku suka nulis sepertinya dari kecil. Aku punya buku kosong yang sering aku coret-coret mau itu dalam bentuk gambar atau tulisan.Waktu kecil aku pendiam, jadi pelampiasanku lebih ke coret-coretan gitu.


2. Kalau ngomongin seputar blog nih, kira-kira kategori blog kamu lebih ke apa sih temanya?

Mungkin tema dari blogku itu lebih ke lifestyle karena banyak kategori yang ada di blogku mulai dari kecantikan, travel, jurnal sehari-hari dan kesehatan. Khusus untuk kategori kesehatan, artikel yang aku tulis bukan hanya untuk kesehatan badan aja tapi juga tentang kesehatan mental.

photo credit: Instagram/monalisadeborah

3. Apa hal yang bikin mood nulis kamu bagus banget?


Hal yang bikin aku mood mungkin ketika aku sedang dalam keadaan santai dan tidak diburu-buru kerjaan. Aku punya jurnal pribadi yang berfungsi untuk menuliskan ide-ide tulisan atau sekedar untuk menulis jurnal harianku. Aku paling sering menulis di malam hari sebelum aku tidur atau ketika weekend.


4. Katanya kalau blogger itu kadang suka mengalami yang namanya mampet ide. Nah, kamu pernah nggak kayak gitu? Kiat-kiatnya buat lepas dan akhirnya bisa punya inspirasi buat nulis lagi apa si?


Pernah dong, bahkan sekarang aku lagi berjuang banget lanjutin blog ahahaha. Biasanya kondisi mampet ide terjadi karena aku lagi sibuk-sibuknya dengan kerjaan kantor dan ketika aku sedang punya masalah pribadi. Kalau dari aku sendiri lebih ga memaksakan diri kalau ga mood nulis. Aku berusaha jalan-jalan keliling perumahan atau jalan ke mall supaya aku bisa mengusir kondisi mapet ideku. 

Aku inget banget perkataan Alodita waktu aku ikut workshop menulis, “Ide berlarian di alam semesta bahkan di sekitar kita, namun hanya orang-orang tertentu yang bisa menangkapnya”. Sebenarnya tinggal tergantung kesiapan diri kita untuk menangkap inspirasi tersebut. Hanya saja kadang kalau ada masalah pribadi, kita jadi cenderung menutup diri dengan segala inspirasi yang ada di sekeliling kita.


5.  Apa yang bikin kamu jatuh cinta banget sama blogging?

Aku jatuh cinta sama blogging karena melalui blogging aku bisa mengungkapkan pemikiran-pemikiran yang selama ini aku cuma pendam. Blogging juga jadi awal perjalanan aku untuk explore diriku lagi mulai dari make up, belajar foto, dan tentunya menulis. Blogging juga akhirnya mempertemukan aku dengan banyak orang yang pada akhirnya menginspirasi hidupku juga.


photo credit: Instagram/monalisadeborah

6. Sebutkan 3 kata yang menggambarkan blog kamu?

Apa ya…mungkin beauty journal, life diary and emotional journey kali ya.


7.  Definisi postingan yang keren menurut kamu kayak gimana sih?

Definisi postingan yang keren menurutku itu lebih ke pengalaman hidup atau personal experience. Postingan seperti itu membantu banget untuk mengenal si penulis lebih dalam. Selain itu aku juga paling suka postingan tips-tips tentang gaya hidup yang bisa bermamfaat bagi kehidupanku juga.


8. Momen terseru atau berkesan apa yang bisa kamu dapatkan dari blogging?

Momen paling berkesan mungkin ketika aku dapat email atau direct message dari orang-orang yang merasa tulisan-tulisan di blog ku menguatkan mereka. Pengalaman itu sangat berkesan buat aku, ternyata blogku bisa reach out orang-orang yang mengalami hal yang sama dengan yang aku alami.

photo credit: Instagram/monalisadeborah

9. Dukanya jadi blogger versi kamu apa sih?

Duka jadi blogger versiku itu dari sisi keluarga yang awalnya kurang mendukung kegiatan bloggingku, agak susah memang menjelaskan tentang blogging ke orang tua hehehe. Pandangan masyarakat dan orang-orang sekeliling yang kurang mengerti tentang blogging juga sempat membuat semangatku turun. Banyak juga yang berpikir bahwa membuat blog yang dikenal itu gampang, tinggal nulis trus kemudian job article dan barang-barang endorse berdatangan seketika, padahal kita juga struggle lho untuk membuat blog yang dikenal dan punya konten baik. 

Membangun personal branding dari blog itu butuh waktu, kesabaran dan proses. Pernah juga dianggap remeh sebagai seorang blogger, kesannya ga ada usaha apa-apa eh dapat gratisan ini itu, padahal menulis artikel yang baik itu perlu usaha dan kesabaran J.


10.  Ingat nggak project pertama kali yang kamu dapetin dari blog? 

Project pertamaku dulu itu dari agensi yang bekerja sama dengan salah satu online store pakaian. Aku diberi tugas membuat artikel tentang blazer bagi wanita untuk promote online store tersebut. Bayarannya ga seberapa sih waktu itu tapi ada rasa puas, wahh tulisanku menghasilkan juga ya ternyata hehehe.


11. Spot favorite nulis di mana?


Spot favorite-ku untuk menulis biasanya di coffee shop yang sepi hehehe. Selain itu biasanya aku nulis di atas tempat tidur sambil selimutan.


12. Siapa sih blogger favorit kamu? Kenapa?

Blogger Favoriteku sebenarnya banyak sih hehehe, aku suka tulisan Andra Alodita karena dia bisa membuat suatu cerita sederhana namun meaning ceritanya tetap dalam. Aku juga salut dengan Alodita yang bisa membagikan tips yang biasanya jarang di bagikan oleh para influencer, salah satu contohnya tetap tips keuangan.

Aku lagi suka baca blog Olivia Lazuardy karena tulisan-tulisannya yang simpel namun bermakna. Aku paling suka topik personal yang di tulis Olivia karena banyak yang relate dengan kehidupan sehari-hari. Blog yang ditulis dua kakak beradik Eve dan Ai Ni (mylovelysister.blogspot.com) juga banyak menginspirasi aku dalam menulis dan belajar photography.

photo credit: Instagram/monalisadeborah

13. Punya goals apa di 2018 buat blog kamu?

Aku ga pasang target wah sih untuk goals blogku di 2018. Aku cuma ingin tahun ini lebih konsisten dan menikmati proses menulis artikel di blog. Aku sempat mengalami masa-masa ga menikmati apa yang aku lakukan dan rasanya itu malah jadi seperti beban. Aku juga ingin lebih berani ekperimen dalam make up dan photography untuk blogku.


14. Kalau disuruh dikasih waktu 3 jam dan disuruh pilih 1 orang buat nemenin, kamu akan pilih siapa dan apa yang mau dilakukan?

Aku akan pilih Michelle Phan karena aku sangat terinspirasi dari video-video kecantikan yang dulu pernah ia buat. Mungkin aku bakal ikutin keseharian dia bekerja selama 3 jam itu supaya bisa ikut proses kreatif yang ia lakukan.



15. Pilih satu dong postingan terfavorite kamu di 2017? Alasannya kenapa?

Postingan paling favorite di 2017 itu salah satu artikel blog tentang sosok inspiratif yang judulnya “Jessica Octaviani; Sebuah Mimpi dibalik Mimpi yang Terwujud.” Pertama kalinya aku buat kategori tentang sosok inspiratif yang ada di sekitarku. Momen wawancara yang menyenangkan juga karena aku mewawancarai teman kuliahku sendiri. Tanggapan terhadap artikel sosok inspiratif ini juga sangat positif terlihat dari traficnya yang tinggi.


16. Kalau kamu nggak ngeblog mungkin kamu nggak akan pernah?

Kalau aku ngak ngeblog mungkin aku ga akan menemukan diriku yang sekarang. Aku ga akan pernah bertemu orang-orang baru yang menginspirasi hidupku. Aku akan tetap jadi Mona yang peragu dan minder. Aku ga akan pernah bisa stand up dengan pemikiran-pemikiranku dan tetap terjebak dengan pemikiran orang-orang yang menganggap aku tuh harus seperti apa yang mereka pikir selama ini.



17. Mantra apa yang kamu pegang banget di 2018 mon?

Don't let others define you, define yourself. Don't ask permission, trust your instinct and your guts!

Bukan hal mudah loh buat bisa konsisten ngeblog dan sampai akhirnya bisa juga menghasilkan lewat blog. Mona harus melewati banyak proses panjang yang bisa membawanya jadi Mona yang sekarang. Kalau kamu punya mimpi atau passion di bidang apa pun intinya harus berani mulai. Sama halnya yang dibilang sama Mona, jangan biarkan orang lain yang menentukan hidup kamu. Kamu harus jadi versi terbaik buat diri kamu!

Semoga setelah baca ini, kamu yang masih ragu buat nulis blog atau lagi suntuk buat lanjutin blog jadi semangat lagi ya! Jangan lupa buat mampir ke blog Mona di www.blueskyandme.com


Because sharing is caring!

Xx

2 comments:

  1. Tulisannya bagus!
    Salam kenal! :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, salam kenal! Thank you udah baca tulisanya :)

      Delete