Wednesday 23 December 2015

Dari Kertas Berubah Menjadi Bunga Cantik Dan Lahan Bisnis | Q!Talk Vol 2



Hallo... Apa kabar?

Setelah beberapa minggu kemarin saya bikin "Q! Talk volume 1" dan ternyata di luar ekspektasi sih karena cukup banyak pembacanya. Oh iya, buat kamu yang belum sempat baca edisi sebelumnya bisa cek disini.

Selain karena banyak yang baca, menurut saya kayaknya ide ini juga cukup menarik karena lewat Q! Talk ini saya bisa belajar banyak. Lewat ini juga mungkin saya bukan hanya sekedar menulis tapi juga menulis yang bisa bermanfaat. Nantinya yang akan dibahas seperti misalnya kisah hidup, profesi, prestasi, bisnis, pendidikan dan hal lainnya yang semoga saja membuat pembaca bisa terinspirasi. Narasumbernya gak jauh-jauh si tentang orang-orang yang ada di sekitar karena ternyata banyak yang bisa memberikan inspirasi. 

Nah, karena banyak hal-hal positif inilah akhirnya saya buat Q!Talk Volume 2 dan narasumbernya kali ini saya memilih Daylinda Novila.

Kenapa dia?
Kenapa enggak..hahaha

Soalnya teman baik saya yang satu ini lagi sibuk sekali dengan kegiatan barunya yaitu memulai bisnis, sehingga bisa menjadi bahan tulisan yang sangat informatif dan bermanfaat.

Sebelum kita mulai ngobrol-ngobrol, ada profil singkat dari cewek berbintang Scorpio ini. Check this out!!


Anak pertama dari dua bersaudara ini saya kenal pertama kali karena kita satu SMA bareng dan juga satu kuliah cuma beda tingkatan aja dan sampai sekarang kita sangat berhubungan dengan baik. Sempat menjalani pendidikan di pesantren saat SMP dan di tanggal 11 November kemarin dia baru saja genap berusia 22 tahun. Punya pacar yang juga mirip Virzha (LOL) didoakan bersama agar bisa  menuju ke hubungan yang lebih halal..Aamiin

Sekarang cewek yang suka banget sama perintilan yang berbentuk babi ini masih cari-cari kerja dan sambil mengisi waktu agar lebih produktif dia berinisiatif untuk memulai bisnis yang sekarang udah mulai dituai hasilnya berkat kerja kerasnya diawal yang pantang menyerah.

Kalian bisa follow juga Instagramnya kalau mau tahu keeksisannya di dunia maya..haha

Langsung aja yuk, mau tau apa bisnisnya dan gimana ceritanya simak obrolan saya dengan dia berikut ini..

  • Halo Day, keliatannya lagi sibuk banget nih sama bisnis barunya. Bisnis apa si yang lagi lo jalanin sekarang ini?
Hi,Q! sekarang ini gue lagi ngejalanin bisnis bunga kertas yang awalnya hanya dari sebuah kertas tapi bisa diubah menjadi rangkaian bunga-bunga yang cantik. Dari dulu si gue memang suka dengan hal-hal yang berbau dengan kreativitas dan juga kerajinan tangan. Jadinya ini bisa dibilang juga hobi yang berkembang menjadi sebuah bisnis. 


  • Wah, seru yah bikin kreasi buatan tangan sendiri dan akhirnya bisa jadi bisnis. Apa sih yang menginspirasi lo dan akhirnya mutusin untuk memilih bisnis bunga kertas ini?
Awalnya temen gua Cindy Gadensa itu sering banget dapet buket bunga cantik dari pacarnya tapi kecantikannya bunganya cuma kuat bertahan beberapa hari dan abis itu dibuang gitu aja, udah beli mahal-mahal ujungnya dibuang kan sayang. Dari situlah kemudian munculan ide bikin bunga kertas ini.

Ternyata setelah ditelisik lebih jauh ini bisa dijadikan peluang bisnis. Kemudian di bulan November yang lalu Cindy kasih liat gue bunga kertas ini dan dari situlah akhirnya kita berdua punya niat untuk sama-sama ngembangin bisnis bunga kertas ini. Namanya juga proses tentu tidak selalu mulus walaupun konsep jualannya udah kuat tapi tetap aja ternyata Cindy gak punya banyak waktu untuk ngurusin bisnis bunga ini. Bukan karena gak mau tapi karena dia pun sedang fokus dengan bisnis cafe barunya. Karena udah tanggung jalan juga akhirnya gue memutuskan untuk jalanin bisnis ini sendirian sambil Cindy juga kelola cafenya sampai benar-benar stabil.

  • Ternyata ide bisnis itu bisa kita dapat dari kehidupan sehari-hari ya, terus apa aja kesulitan yang lo rasain selama ngejalanin bisnis bunga kertas ini?
Karena Cindy akhirnya milih untuk terlebih dahulu fokus dengan bisnis Cafe barunya jadilah gue harus mengurus semuanya sendiri. Dibilang penuh air mata juga iya, dari kena tipu temen sendiri sampe diomelin abang gojek dengan logat medan dan muka seremnya, jalan kaki sepanjang jalan kenangan buat nyari tempat yang gue butuhin, karena gue yang gak bisa naik motor jadi semua bermodalkan abang gojek dan gpsnya sama mbah google juga. Semua hal pokoknya dimanfaatkan sebaik mungkin deh.


Kesulitan lainnya juga dalam hal pendistribusiaan bunga gua, dari rumah kiriman bunga sudah bagus, sudah ketata rapi tapi ada aja hambatan buat proses sampai ke tangan customernya, karna bunga yg gue jual terbuat dari kertas jadi sangat riskan banget kan, gampang penyok dan gak bisa kena air. Sedih banget kalo bergadang berhari-hari rusak gitu aja. Rasa capek gua terbayar lunas saat semua bunga selesai jadi buket-buket cantik dan sampai ke tangan customer dengan baik, itu bahagianya gak bisa diungkapin deh. Kepuasaan customer itu bisa dibilang nomor satu karena gue mau selalu memberikan yang terbaik.

  • Berapa modal awal yang kalian investasikan untuk bisnis ini?

Modal awal sih sekitar 1 jutaan. Keliatannya mungkin memang simple banget bunga kertas yang kita jual tapi kita usahain pake kualitas kertas yang bagus biar terlihat mahal dan tentunya dengan kualitas terbaik saat sampai ke customer. 

  • Lalu saat ini gimana mekanisme jualannya?

Gue sejauh ini masih jualan via tangan ke tangan aja gitu dari temen-temen sekitar yang beli. Ada yang kerumah langsung atau janjian disuatu tempat. Belum berani kirim lewat jasa ekspedisi karena masih takut bunganya rusak. 

Masih belajar terus makanya ini juga buat memperluas sistem penjualan gue. Terkadang hal itu juga yang membuat gue harus menolak pesanan karena masih terhalang dalam hal pengiriman. Sedih juga si tapi daripada nantinya mengecewakan customer jadi lebih baik gue mengembangkan yang ada sekarang sebelum nantinya memperluas jangkauan untuk di luar Tangerang. Alhamdulillah lagi selama bulan November-Desember ini juga sudah terjual 40 buket lebih. Ada kebanggaan tersendiri walaupun ada aja ya orang yang mandang sebelah mata sama usaha gue ini, tapi itu malah memotivasi gua buat terus berkembang lebih baik.

  • Semoga bisa tersebar ke seluruh Indonesia ya Day nantinya, oh iya pernah dapet Customer yang nyebelin gak?

Wah itu si ada aja, dari yang nanya “cara bikinnya gimana sih Day?” “beli kertasnya dimana?” dan ada aja modus modus lucu yg menggemaskan. Hal-hal yang kaya gitu si yang bikin jualan gue lebih berwarna..hahaha thank you loh :*

  • Kira-kira kedepannya nanti mau seperti apa dan menjelang tahun baru ini ada konsep terbaru apa dari bisnis bunga kertas?
Itu sudah dipersiapkan tentunya dan masih dalam proses. Ditunggu ya kejutannya di awal tahun :)

  • Lo kan bisa dibilang sudah sukses nih melampaui untuk akhirnya berani memulai untuk membuat sebuah bisnis, kasih pesan-pesan dong buat anak-anak muda diluar sana yang juga ingin terjun ke dunia bisnis?

Pesan buat anak-anak muda yang baru mau mulai usahanya jangan pernah nyerah melampaui keterbatasan dalam diri karena kadang keterbatasan itu tanpa disadari dibuat oleh diri kita sendiri. Lo bakal jadi lebih keren ketika udah melewati fase itu hahaha

Terus coba hal-hal baru yang positif karena dengan mencoba, sekalipun nanti lo salah itu bakal jadi guru terbesar buat kedepannya. Jangan pernah takut salah karena yang gak bisa dibeli sama uang ya cuma pengalaman, lo bakal jadi orang yang open minded dengan segala pengalaman yang udah lo dapetin. 

Oh iya,  saran gue kalo mau cari partner bisnis cari yang punya satu visi dan misi, karena bisnis yang lo jalanin bukan cuma buat sebulan dua bulan tapi buat jangka panjang bahkan bisa tahunan kalo tujuan lo berdua mau sukses bareng.

  • Mantep deh kalau kaya gitu, terakhir apa yang mau diucapin buat orang-orang yang sudah berjasa buat lo?

Pasti dong! 
Gue mau mengucapkan terima kasih banyak buat semua pihak yang sudah banyak banget bantu gua sampe bisa di titik ini. Terpenting adalah CEO GO-JEK, mbah Google, dan semua teman-teman, keluarga, pacar yang sudah bersedia bantu melalui tenaga dan waktu kalian, terima kasih banyak pokoknya. 


Nah, itu dia obrolan gue sama Daylinda Novila yang sekarang ini lagi fokus ngejalanin bisnis barunya. Seru yah, dimana hobi bisa jadi bisnis dan menghasilkan pula. Karena sesuatu yang pake Passion dan cinta akan berbeda banget hasilnya. Gue pun mendoakan semoga bisnisnya ini bisa semakin maju dan berkembang. 

Oh ya, untuk kalian yang mungkin masih disekitaran Tangerang bisa loh pesan bunga kertas ini sebagai hadiah untuk orang-orang tersayang. 





Tuh, lucu dan cantik banget kan?
Good Luck, Day!

33 comments:

  1. kreatif ya, cantik, memang bakalan jadi laris jika dijual :)

    ReplyDelete
  2. Cantik & kreatif bgt apalagi buat wisuda gt ;)

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. iyaaa bisa jadi inspirasi buat temen-temen yang lain juga :D

      Delete
  4. cantiikkk banget buket bunganya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pas banget buat hadiah temen yang wisuda, anniversary atau ulang tahun :D

      Delete
  5. Kreatif banget ya, bunganya juga bagus deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa yuk mba di order bunganya..hehee *promosi* :D

      Delete
  6. yaampun cantik banget bunganyaaaa, kreatif sekali ide bisnisnya. semoga sang kakak segera dapet partner untuk mengembangkan bisnisnya ya, mungkin kak (mirip) virzha bisa bantu (?) whehehe sukses terus untuk kakak dan narasumernya yg cantik bin kreatif <3


    emaputeri.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, semoga kamu pun terinspirasi ya :D sukses juga buat kamu Ema :D

      Delete
    2. makin terinspirasi banget aku kak :D doakan ya usaha yang aku rintis, bisa berkembang baik. hihihi

      aku nyari tombol follow daritadi ngga nemu di blog kakak :")

      Delete
    3. Aamiin semoga kamu pun sukses yaaa :)) Iya memang nggak dicantumin tombol follownya nih soalnya error gitu entah kenapa -..-

      Delete
  7. kak, boleh tau alat dan bahan nya untuk buat bunga itu??

    ReplyDelete
  8. Halo untuk tanya-tanya lebih lanjut kamu bisa tanya sama pembuatnya langsung ya :) Bisa kirim email ke : daynovila@gmail.com :D

    ReplyDelete
  9. Eh tjakep bunganyaaa :D Waktu baca judul tadi kirain ini mbak Qiqi yang jualan. Hihi.

    Btw, saya sama mbak Novi lahir barengan beda tahun tuh, sama-sama seneng dengan yang berbau-bau kerajinan tangan pula. *ga ada yang nanya* XD

    Oya, mbak Novinya ada blog juga ngga mbak? Mau main-main ke sana nih kalo ada :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku punya menu Q!Talk khusus ngobrol-ngobrol sama orang2 disekitar aku gitu dan salah satunya mba Novi ini yang punya bisnis bunga kertas.. :)) Kebetulan di nggak punya Blog tapi kalau mau hubungi atau pesan bunganya bisa liat IGnya di www.instagram.com/bibopaperflow atau www.instagram.com/daylindanovila :D :D

      Delete
  10. Aku pernah kemarin mbak... usaha membuat bunga dari pita lahmadullillah laku keras tapi sekarang udah gak bisa lagi karena udah balik kampung dan gak kuliah lagi... syedih

    ReplyDelete
  11. Wah padahal ini punya market yang cukup besar lho!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak padahal ini market nya luas banyak pembeli dari berbagai daerah juga.. tapi ya gitu mbakk.. kan modal anak mahasiswa cetek dan kita ada satu tim 3 orang dan pulang ke rumah masing2.. lulus kuliah

      Delete
    2. tetap semangat yah dan semoga ada peluang dan kesempatan yang lebih baik di depan sana nantinya!!!

      Delete
  12. Kak, pengen dong di ajarin cara membuat bunga dari kertas

    ReplyDelete
  13. Kalau kita bikin workshop gitu mau ikutan ga? hehehhee

    ReplyDelete
  14. kakak, kk jual buket kayak yang dipegang sama mbak yg wisuda itu berapaan kak?

    ReplyDelete
  15. Kak. Bagaimana kaka matokin harga satu buket itu??

    ReplyDelete
  16. Kak. Bagaimana kaka matokin harga satu buket itu??

    ReplyDelete
  17. kak, tu tangkainya pake tusuk sate ya.. mau buat seperti itu tapi bingung untuk bunga kertas menjadi satu buket.

    ReplyDelete
  18. kertas yang dipake buat bungkusnya kertas apa ya namanya ??

    ReplyDelete
  19. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuanya.semoga selalu menjadi bagi semuanya. salam sukses selalu.Amin
    htt://karanganbungapapanblog.wordpress.com
    0812.4912.3012

    ReplyDelete
  20. Cp nya dong tsay... Kallau pesen gimanaa

    ReplyDelete
  21. Sangat kreatif.. ijin copas ya gan😆.. terimakasih

    ReplyDelete