Sunday 24 January 2016

Cara Memasak Martabak Mie Versi Pemula

cara memasak martabak mie

Selamat hari Senin yang basah karena dari semalem hujan turus deras untuk di wilayah Tangerang dan sekitarnya, kalau di tempat kalian gimana?

By the way kalau hujan-hujan kaya gini si enaknya di kantor sarapan sama milo hangat plus pop mie kali ya *menu andalan kalau nggak sempet sarapan di rumah*. Tapi yang juara sih kayaknya kalau suasana adem sehabis hujan gini lagi di dalam rumah sambil nonton tv atau sekedar gegoleran main handphone. Baiklah bagaimana pun keadaannya kita harus tetep semangat yah menghadapi Senin dimana menjadi start yang baik agar hari-hari berikutnya pun lebih baik.

Oh ya, gimana weekend kalian kemarin? menyenangkan? biasa aja? gitu-gitu aja? atau ada sesuatu yang beda?

Saya mau berbagi cerita tentang aktivitas baru  yang dilakukan saat hari Minggu kemarin yaitu memasak. Yap, memasak adalah hal yang hampir nggak pernah saya sentuh dan lakukan. Kalian harus tahu si saya baru bisa nyalain kompor yang di putar itu baru beberapa tahun kemarin dan itu diumur yang ke 22 tahun.. *ini aib apa bukan si* hahaha..

Di tahun 2014 yang lalu punya resolusi gitu harus bisa nyalain kompor. Sampai akhirnya saya pun bisa *Yeay*!!. Emang nggak pernah bersentuhan dengan dapur sih, palingan ke dapur buat makan atau sekedar matiin air yang lagi dimasak dan tiap kali disuruh matiin air dan ditanya "itu udah mateng airnya?" saya selalu jawab "udah bergelembung"..ahahaha

Sebenarnya suka juga masak mie tapi ya gitu tetep aja minta tolong orang rumah buat nyalain dulu kompornya baru deh saya masak. Satu-satunya makanan yang saya bisa pun cuma martabak mie ala-ala. Berhubung udah mulai berani dan bisa nyalain kompor akhirnya kemarin untuk pertama kalinya setelah sekian lama saya nggak pernah berkegiatan di dapur saya pun memasak.

Lagi kepikiran pengen makan martabak mie yang udah lama juga gak makan itu akhirnya hari Minggu saya pun berkreasi masak ala kadarnya. Lalu juga kepikirian kayaknya bisa sekali-kali dijadiin bahan tulisan resep makanan di blog walaupun bukan datang dari tangan seorang koki yang handal.

Mau tau bagaimana keseruan saya memasak hari itu? Yuk langsung ikutin step by stepnya !!

Oh iya, pertama-tama untuk membuat martabak mie ini bahannya gampang banget loh. Kalian cuma butuh, 
  • 1 bungkus mie instan
  • 1 buah Telur
note : berapa banyaknya mie dan telur disesuaikan dengan selera dan jumlah yang ingin dibuat ya.

cara memasak martabak mie

Sebenarnya mie yang dipakai bisa mie apa aja si cuma berhubung yang paling banyak di temuin dan ada di warung depan rumah jadi saya beli ini. Mie dan telurnya pun terserah juga ya kayaknya tergantung mau berapa banyak yang dibuat. Saya buatnya untuk porsi saya makan sendiri sih.. hahaha


cara memasak martabak mie


Langkah selanjutnya adalah kalian keluarkan mie dan bumbunya dari bungkusan kemudian masukkan bumbu ke dalam mangkuk. Untuk bumbunya sendiri sebenarnya bisa ditambahin bumbu lain gitu kali ya tapi itu sesuai selera tapi karena saya kan nggak ngerti apa-apa lagi jadinya pakai bumbu yang sudah ada. Kemudian panaskan air dan setelah mendidih masukkan mie ke dalamnya tunggu sampai matang.

cara memasak martabak mie

cara memasak martabak mie

cara memasak martabak mie


Setelah matang angkat mie kemudian masukkan ke dalam mangkuk yang telah berisi bumbu mie instan tadi. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam mie lalu diaduk rata dengan bumbu.

cara memasak martabak mie

Siapkan teflon yang telah diisi dengan minyak kemudian setelah cukup panas masukkan adonan martabak mie ke dalam teflon.

cara memasak martabak mie

Setelah itu proses memasak pun dimulai. Adegan yang cukup sulit adalah ketika harus membalikkan martabak mie dan yah jadinya gak bulat sempurna gitu sih punya saya. Jadinya ancur gitu maklum amatiran yang lagi coba masak.

cara membuat martabak mie

cara membuat martabak mie

Voila!! Martabak mie versi saya pun akhirnya matang. Mohon maaf ya kalau warnanya terlalu coklat karena memang saya lebih suka yang garing dan gosong kaya gini. Untuk ukuran buat saya makan sendiri sih nggak terlalu buruk sih rasanya ya gitu-gitu aja. Lumayan kan akhirnya di tahun 2016 ini bisa juga melakukan kegiatan yang mungkin jarang saya lakukan di tahun-tahun sebelumnya.

Oh iya martabak mie ini paling enak dimakan bareng nasi putih hangat dan saus sambal/tomat. Makan martabak mie ini itu menunya sederhana tapi membahagiakan dan pastinya kenyang. Rencananya sih nanti saya mau coba buat oreo goreng tapi waktu bilang mama mau buat itu aja udah di bilangin "ah kamu ngacak-ngacak dapur aja" hahaha.

Baiklah sekian dulu resep membuat martabak mie ala kadarnya dari saya yang hanya seorang pemula. Semoga berkenan dan kalau ada yang ingin beri masukan atau pernah buat variasi lain dari martabak mie ini bisa juga loh di share via komen dibawah.

Selamat bertemu di How To Make selanjutnya di Senin Bercerita minggu-minggu berikutnya!

15 comments:

  1. kalau saya ditambah tepung terigu sedikit sm irisan daun bawang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya yaa biar makin sedap :D makasih sharinyanya mba Tetty :)

      Delete
  2. Nikmat ini, apalagi dicocol pakai saus sambal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa nikmaat banget pokoknya mba makanan yang satu ini :D

      Delete
  3. idem sm mak ety, dicocol saus sambal dimakan angt, mantab surantab dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuh jadi pengen bikin lagi deh :D kalau pakai mayonaise gimana ya? harus dicoba juga tuh kayaknya :D

      Delete
  4. Oke. Adikku aja udah bisa nyalain kompor, dan dia masih SD. :')
    Duh jadi ngiler euy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa nih kalah banget :') Sok atuhh coba bikiiin jugaa :D

      Delete
  5. Oke. Adikku aja udah bisa nyalain kompor, dan dia masih SD. :')
    Duh jadi ngiler euy..

    ReplyDelete
  6. Cemilan favorit di rumah nih dan di salah satu warung kecil di Bandung ada yang menjualnya hanya ditambahkan topping keju atau sosis dan sambal ikan itu (lupa lagi namanya) dan harganya lumayan :D lebih hemat bikin sendiri hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah kayaknya yummy banget ditambahin keju sama sosis aahh lain kali mau coba buat pakai itu :D iyaa kalau bikin sendiri bisa sesuai selera mau berapa banyak dan lebih hemat juga higienis yaa :)) Makasi mba Yulia sharingnya..

      Delete
  7. Iya nih, martabak mie itu jadi salah satu favorit cemilan di rumah, walau sekarang udah jarang masaknya, hehe :)

    ReplyDelete