Sunday 20 May 2018

Belanja Barang Preloved di Tinkerlust yang Bikin Love di Hati. Wajib Cobain Belanja!


Dilema kebanyakan cewek-cewek setiap lagi siap-siap beraktivitas adalah bingung milih baju apa yang akan dikenakan hari itu. Nah, kalau kayak gini ujung-ujungnya pasti dumel dalam hati "Duh, gue nggak punya baju deh!. Padahal saat dilihat lebih dalam dan sadar lagi, lautan baju dan celana terpampang nyata di hadapan. Belum lagi nih soal urusan make up atau skin care. Produk satu belum habis, ada produk baru pasti maunya beli lagi. Padahal satu produk aja belum tentu abis dan cocok, tapi maunya terus jajan. Ayo, siapa yang kayak gini? Benar apa benar?

Kamu yang merasa tertuduh karena ini tenang aja, kalian nggak sendirian kok! Saya juga termasuk yang mengalami problematika kebanyakan cewek-cewek kayak di atas. Biasanya kalau ngerasa sudah mulai terlalu banyak barang yang nggak terpakai atau malahan belum terpakai sama sekali. Kebanyakan teman-teman pasti ada yang jual barang preloved-nya via media sosial. Seperti yang beberapa waktu terakhir saya lakukan. Jadi saya mencoba jual beberapa barang preloved saya di Instagram atau IG Stories. Cara kayak gini cukup efektif sih tapi yang jadi kendala cukup besar adalah saya terkadang malas banget buat foto-foto barangnya. 

Nah, untungnya beberapa waktu yang lalu saya diundang ke acara GDP Power Lunch x Tinkerlust : Branded Marketplace for Smart Shopper yang berlangsung di Courtyard Restaurant The Hermitage Hotel Menteng pada 17 April 2018. 

photo credit: GDP X Tinkerlust

photo credit: GDP X Tinkerlust
Ada apa sih di acara ini? Jujur saya merasa beruntung banget bisa dapat kesempatan datang karena dapet ilmu banyak banget sih. Acara GDP Power Lunch x Tinkerlust ini acaranya lebih ke talkshow yang menghadirkan para speaker yang mumpuni banget dibidangnya masing-masing. Di hari itu ada Samira Shihab sebagai CEO Tinkerlust, Aliya Amitra sebagai COO Tinkerlust, Prita Hapsari Gozie sebagai Financial Controller, dan Shinta Rosvita yang merupakan salah satu to 10 seller di Tinkerlust.

By the way, kamu ada yang pernah tau atau dengar-dengar Tinkerlust belum? Atau malahan kalian semua sudah pernah belanja-belanja dan kepoin Tinkerlust? Nah, saya sendiri sebenarnya tahu Tinkerlust itu sudah sejak tahun 2016 karena pernah datang ke sebuah acara waktu itu.

Baca juga: Cara Menyenangkan Kurangi Isi Lemari with Tinkerlust

photo credit: GDP X Tinkerlust
Buat kamu yang mungkin belum tahu apa sih Tinkerlust, saya akan berbaik hati kasih tahu nih sama kamu. Tinkerlust adalah sebuah start-up yang bergerak dibidang fashion didirikan oleh dua wanita kece yaitu, Samira Shihab dan Aliya Amitra. So, lewat Tinkerlust ini kamu bisa jual dan beli barang preloved fashion dengan kualitas yang pastinya dijamin sudah terkurasi dengan sangat baik. Saat ini penjual di Tinkerlust juga semakin berkembang loh! Nggak hanya itu, barang-barang dengan berbagai merk ternama pun bisa kamu temukan di Tinkerlust.

Trus, bedanya Tinkerlust sama marketplace yang sejenis ini apa? Menurut saya Tinkerlust ini canggih dan memudahkan hidup para wanita banget sih. Buat kamu yang mau jual barang preloved tapi suka males foto-fotoin, upload, atau memasarkannya. Tinkerlust ini jadi solusi banget buat kamu! Kamu cukup kasih barang ke Tinkerlust dan kamu cuma tinggal nunggu pemasukan datang. Sesimpel itu gaes! Buat lebih detailnya, saya coba jelasin beberapa kecanggihan dan keunggulan Tinkerlust yang saya rangkum hasil penjelasan mbak Samira Shihab dan Aliya Amitra.

photo credit: GDP X Tinkerlust
  • Kamu nggak perlu repot buat fotoin satu-satu barang yang akan dijual
Nah, poin ini adalah salah satu yang bikin Tinkerlust amat sangat memudahkan para calon penjual. Kamu-kamu yang suka malas effort buat fotoin produk, Tinkerlust akan membantu kamu. Kamu cuma perlu kirim barang ke mereka dan tim mereka yang akan fotoin secara profesional sampai akhirnya masuk ke website. Nggak bikin ribet banget kan?

  • Barang bisa langsung dijemput
Buat kamu yang tertarik buat jual barang preloved di Tinkerlust juga nggak perlu repot buat kirim-kirim barang. Khusus area Jakarta, barang kamu bsia langsung dijemput sama kurir dari Tinkerlust loh!

  • Kurasi barang yang sangat selektif
Jangan mentang-mentang preloved bukan berarti kualitasnya nggak bagus loh! Malahan di Tinkerlust ada barang yang benar-benar baru loh kondisinya. Tim Tinkerlust akan sangat detail mengkurasi barang-barang yang masuk. Selain itu keasliannya pun akan sangat diperhatikan. Jadi nggak ada deh cerita tipu-tipu gitu! Selain barang yang branded, barang unbrand juga ada. Tapi tentu saja dengan kualitas yang oke banget. Oh iya, Tinkerlust juga bisa ikut memberikan penilaian untuk pertimbangan harga yang tepat untuk barang yang kamu jual. So helpfull!

Kece banget, kan? Bisa dibilang Tinkerlust jadi tempat yang nyaman banget buat kamu jual preloved tanpa ribet. Nggak cuma itu saja, Tinkerlust juga punya 4 prinsip yang menurut saya jadi sebuah solusi banget sih buat cewek-cewek yang terkadang seringnya beli barang secara konsumtif. Apa saja sih?

photo credit: GDP X Tinkerlust
Environment, yang artinya Tinkerlust menjadi tempat untuk jual barang fashion yang sudah tidak lagi digunakan. Jadi akan sangat bisa mengurangi tumpukan barang-barang kamu yang jarang atau tidak pernah lagi dipakai.

Smart shopping, Tinkerlust menjadikan kamu bisa membeli barang-barang fashion bermerk dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang oke. Solusi banget kan biar dompet kamu tetap aman.

Living more simply, poin ini adalah salah satu yang saya suka banget dan sedang saya coba terapkan. Tinkerlust memiliki konsep yang bisa memberikan edukasi para cewek-cewek agar memiliki dan menyimpan barang lebih sedikit dan hanya yang memang dibutuhkan saja. Barang-barang yang sudah tak lagi terpakai bisa dijual kembali melalui platform Tinkerlust.

By women to women, dengan semua kemudahan dan keuntungan yang diberikan Tinkerlust tentu saja diharapkan Tinkerlust yang dipimpin oleh dua orang cewek kece ini bisa memberi solusi buat para cewek lain di luar sana. Selain itu, semoga juga bisa memberikan dampak yang positif dan juga ada kepuasaan dalam memenuhi kebutuhan.

photo credit: GDP X Tinkerlust
Satu lagi nih yang seru dari rangkaian acara ini, Tinkerlust juga menghadirkan mbak Shinta Rosvita yang merupakan salah satu to 10 seller di Tinkerlust. Dia bercerita kalau Tinkerlust jadi tempat favoritnya buat jual barang-barang prelovednya. Mbak Shinta juga bilang kalau tim Tinkerlust itu kece banget dalam hal mengecek dan mengkurasi barang yang dikirim. Sampai detail banget loh, malahan mbak Shinta aja pernah nggak sadar kalau ternyata baju yang dia kirim ada bolongnya. Tapi karena tim Tinkerlust itu jago banget dalam hal kurasi, jadi kamu nggak perlu takut banget deh dapet barang preloved yang abal-abal.

Dengar cerita dari mbak Shita saya jadi tertarik banget buat ikutan jual di Tinkerlust. Sekarang sudah sampai tahap kumpulin barang-barangnya sih, semoga bisa ikutan juga jual preloved di Tinkerlust!

photo credit: GDP X Tinkerlust
Satu lagi nih yang juga cukup menyita perhatian saya yaitu kehadiran mbak Prita Hapsari Gozie sebagai Financial Controller. Btw, saya senang banget loh liat mbak Prita ini, wajahnya cantik dan kulitnya itu loh kok bagus banget. Apalagi ternyata dia sudah berkeluarga, menurut saya wajahnya awet muda gitu loh. Hal lain yang juga bikin saya kagum adalah soal tips-tips yang dikasih sama mbak Prita dalam mengelola keuangan. Ilmu yang penting banget nih buat para cewek!

Mbak Prita pun bilang kalau kita sebagai cewek kudu banget jadi smart shopper. Nah, gimana caranya tuh? Sebelum saya bocorin tipsnya, saya mau kasih satu kabar bahagia nih buat cewek-cewek. Menurut mbak Prita sebagai financial controller seorang cewek itu perlu loh buat belanja. Alasannya adalah karena belanja jadi salh satu hal yang bisa bikin kita para cewek happy dan nggak stress. Itu jadi salah satu cara bagaiman kita menghargai dan mencintai diri sendiri. Ya, namanya juga hidup kudu seimbang dong, asalkan kamu tahu cara yang benar jadi seorang smart shopper.

photo credit: GDP X Tinkerlust
Catat ya tips dari mbak Prita buat kamu yang pengen jadi smart shopper :
  • Secara berkala rutin bersih-bersih lemari
Menurut mbak Prita ada baiknya kita semua harus mulai punya kebiasaan rutin dalam kurun waktu 3 sampai 6 bulan sekali untuk mengkurasi barang-barang yang ada di lemari kita. Kamu bisa pilih dan memisahkan baju, make up atau skin care apa yang sekiranya sudah nggak pernah kamu pakai agar nggak menumpuk dan menuh-menuhin kamar. Nah, solusinya barang preloved yang kamu punya bisa dijual kembali lewat Tinkerlust. Uangnya bisa kamu tabung atau dialokasikan untuk beli barang-barang yang lebih kamu butuhkan.

  • Membuat rekening terpisah untuk shopping
Salah satu godaan besar cewek adalah menahan godaan buat nggak tergoda barang-barang lucu, apalagi yang lagi sale. Wah, itu yang awalnya nggak butuh jadi cari-cari alasan deh buat akhirnya beli. Nah, seringkali ini jadi bumerang buat isi dompet karena jadi nggak terkontrol. Menurut mbak Prita sebaiknya kita memiliki rekening terpisah untuk belanja. Jadi kamu punya satu rekening yang memang dipakai untuk kebutuhan wajib dan satunya lagi khusus rekening shopping.

Kamu bisa menyisihkan sekitar 15-20% dari hasil penghasilan kamu untuk masuk rekening shopping ini. Dengan catatan kalau memang masih ada dananya boleh deh bebas mau dibelanjain apa saja, tapi kalau memang sudah kosong please jangan utak atik rekening yang satunya. Intinya kamu juga perlu komit untuk bisa bijaksana dalam mengelola uang.

photo credit: GDP X Tinkerlust

photo credit: GDP X Tinkerlust
Rangkaian acara GDP Power Lunch x Tinkerlust pun selesai dan ditutup dengan momen foto semua pembicara. Beruntung deh karena bisa datang dan bisa nambah ilmu. Terus asyiknya lagi adalah saya pun dapat voucher belanja dari Tinkerlust senilai Rp 350.000 tanpa minimal pembelanjaan. Duh, super love banget! Kesempatan ini nggak saya sia-siakan dong, saya langsung pilih-pilih apa yang mau dibeli di webnya. Pengalaman belanja pertama kali di Tinkerlust ternyata gampang banget loh, gambar dan informasi tentang barangnya pun cukup jelas. Nah, kalau kamu mau tanya-tanya lebih lanjut juga bisa langsung ke CS-nya di website ata via WA.

Di bawah ini saya akan jelasin step by step belanja via Tinkerlust yang ternyata super gampang. Barang-barangnya ternyata kece banget dan harganya pun cukup affordable. Lumayan banget loh buat kamu yang lagi pengen belanja dengan budget terbatas tapi bisa dapat barang yang branded.


Saya suka banget sama tampilan website Tinkerlust karena warnanya putih dan pink gitu karena sama dengan warna kesukaan saya. Percayalah saya galau beberapa hari waktu mau pilih barang apa yang mau dibeli karena lucu-lucu dan harganya lumayan banget.



Pertama-tama saat buka website Tinkerlust kamu harus register dulu saat ingin membeli. Klik menu log in dan klik pilihan register untuk bikin akun yang akan dipakai untuk order.

Setelah diklik maka akan muncul pilihan seperti di atas dan diminta untuk mengisi data-data yang dibutuhkan. 


Setelah selesai mengisi semua data, maka nanti kamu akan dibawa dalam sebuah dashboard yang bisa kamu akses untuk lihat aktivitas orderan kamu. Setelah bikin akun, sekarang kamu sudah bisa mulai deh buat cari-cari barang yang mau dibeli. Mulai dari baju sampai aksesori pun tersedia. 


Setelah mengalami galau yang cukup panjang saat pilih barang yang mau dibeli, akhirnya pilihan saya jatuh sama dua barang ini.


Oh iya sebelumnya saya pilih tas dan blush on dari Rollover Reaction tapi karena ternyata barangnya habis jadi diganti dengan produk dan Clinique. Proses pergantian dan refund dananya pun lumayan cepat dan CS dari Tinkerlust pun cukup responsif jadi bisa diproses dengan baik.

Saat barangnya sampai, itu berasa kayak bukan barang preloved tapi seperti barang baru aja. Menurut saya dengan harga segitu dan kualitas barang yang didapat itu worth banget sih. Kondisinya benar-benar sesuai dengan yang dijelaskan di website. Saya mau review sedikit nih tentang barang yang saya beli di Tinkerlust.




Beberapa waktu belakangan ini saya memang lagi kepo banget sama produknya Clinique. Tapi karena belum beli-beli akhirnya karena lihat di Tinkerlust ada, akhirnya saya putusin buat cobain si essencenya ini. Ini ukurannya memang travel size gitu dan isinya pun masih penuh. Oh iya, ini yang saya foto isinya sudah saya pakai ya jadi berkurang. Awalnya isinya hampir penuh kok. Happynya lagi saya cocok pakai essence lotion dari Clinique ini. Kayaknya next bakalan beli full sizenya deh. Review lengkap soal produk ini akan saya bikin terpisah deh, tungguin ya!






Barang kedua adalah tas dari Guy Laroche yang satu ini. Tas branded yang saya beli ini harganya lumayan banget dan pas sampe kualitasnya masih super bagus loh. Memang ada sedikit noda di bagian tasnya, tapi itu sudah tertulis kok diketerangan barangnya di website. Jadi pas sampe pun sudah tahu dan nodanya itu masih bisa banget hilang dan nggak terlalu keliatan-keliatan amat. Bagian dalamnya juga masih oke banget deh. Tas ini jadi salah satu yang saya sering pakai juga nih akhir-akhir ini. Super happy deh belanja di Tinkerlust. Benar-benar sesuai kualitasnya dan nggak mengecewakan.


Ayo, siapa yang abis ini langsung pengin jual atau beli di Tinkerlust? Fyi aja nih, saat saya lagi nulis ini dan kepoin websitenya. Saya nemu satu item yang lucu dan kayaknya akan jadi wishlist saya deh! Hahaha. Jadi ketagihan sih buat belanja di sini karena benar-benar berasa jadi smart shopper banget. Barang yang ada di Tinkerlust memang terkurasi dengan sangat baik banget. Buat teman-teman yang kepo langsung aja ya cus ke websitenya Tinkerlust dan siap-siap teracuni.

Happy shopping girls!

No comments:

Post a Comment