Sunday 20 May 2018

Womantalk Class : Create Your Own Souvenir Wedding with Decoupage Techniques


Dalam postingan kali ini saya akan cerita tentang keseruan acara Womantalk Class beberapa minggu yang lalu. Saya selalu happy kalau bisa ikutan kelas dari Womantalk karena akan selalu ada hal baru yang saya dapat. Eits, bonusnya yang lain adalah saya juga bisa dapet teman baru! Jadi Womantalk Class kali ini temanya adalah membuat souvenir wedding dengan kreativitas kita sendiri dengan teknik decoupage. Teman-teman sudah ada yang pernah bikin kayak gini belum sebelumnya? 


Kalau saya sendiri sih jujur ini adalah pertama kalinya saya dengar dan akhirnya tahu lewat Womantalk Class kemarin. Sebenarnya saya bukan orang yang jago-jago banget dalam urusan bebikinan, tapi biarpun kayak gitu saya selalu senang aja kalau ikutan acara bebikinian. Proses membuat sesuatu dengan handmade itulah yang membuat saya merasa happy dan nikmatin banget. Bisa dibilang bikin pikiran dan jiwa lebih fresh, apalagi setelah selesai dan lihat hasil bikinan sendiri. Biarpun mungkin nggak sebagus punya tetangga, saya tetap happy.


Oh iya, hari itu saya datang ke kelas ini nggak sendirian. Dikarenakan boleh bawa teman untuk diajak, saya pun mengajak salah satu teman saya yang bisa dibilang kita dari dulu janjian nggak jadi-jadi terus. Akhirnya pas ada acara ini diajakin dan lagi bisa, Yeay! 

Saat kelas dimulai, di meja peserta masing-masing sudah disiapkan pouch dan juga bahan-bahan yang akan dipakai untuk membuat prakarya. Saya saat itu belum punya bayangan sih akan seperti apa cara membuatnya dan juga hasilnya kayak gimana. Bahan-bahannya pun terbilang cukup simpel, tapi daya imajinasi kamu cukup bisa dimainkan di sini. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dipakai untuk membuat souvenir wedding pouch dengan menggunakan teknik decoupage.
  • Pouch dari bahan rotan (Menurut ibu yang ngajarin kita, pouchnya bisa dengan bahan apa aja kok)
  • Tisu dengan print motif yang biasanya digunakan untuk decoupage (Kamu juga bisa loh pakai guntingan kertas dari majalah atau yang lain)
  • Gunting
  • Lem ( ini lem biasa yang buat nempel itu loh)
  • Lem vernish (lem jenis ini biasa digunakan untuk teknik decoupage)
  • Kuas
  • Hairdryer



Langkah pertama membuatnya adalah dengan menggunting-gunting gambar yang ada pada tisu bermotif yang sudah disediakan. Oh iya, pokoknya bagian gambar yang mau kamu gunting itu terserah sesuai dengan kreatifitas masing-masing. Jadi biarpun misalnya motifnya sama dengan teman sebelah bisa tetap beda hasilnya karena pasti bagian yang digunting dan cara menempelnya akan berbeda-beda. 



Setelah digunting, maka lepas bagian tisu terluar sampai tersisa yang paling tipisnya saja. Kemudian tempel satu persatu di atas pouch. Kamu juga bebas menempel gambarnya di mana saja. Saat menempel gunakan lem kertas dan pastikan jika benar-benar menempel. Usahakan untuk benar-benar mengisi bagian dalamnya dengan lem. Jadi hasilnya nanti tidak akan menggelembung karena kekurangan lem. 

setelah dilem dan dikeringkan dengan hairdryer
Kalau sudah semua ditempel, maka saatnya kamu mengeringkan menggunakan hairdryer. Tunggu sampai benar-benar semua lemnya kering dan gambarnya terlihat seakan menyatu dengan permukaan pouchnya.



Langkah selanjutnya adalah mengulas gambar-gambar yang sudah kering tadi dengan lem vernish. Ini dilakukan agar gambar yang menempel akan semakin terlihat keluar. Setelah itu dikeringkan kembali menggunakan hairdryer. 


Tadaaa.. akhirnya pouchnya jadi deh! Lucu banget, kan? Wah, kayaknya lucu juga kalau ini dijadiin souvenir pernikahan. Unik dan pastinya sangat spesial karena dibuat handmade. Kira-kira siapa yang mau bikinnya ya? Saya aja coba bikin satu ini butuh waktu yang cukup lama, gimana kalau disuruh bikin dalam jumlah yang banyak. Maka dari itu, saya selalu salut sama orang yang dengan cekatannya bikin segala sesuatu hal itu handmade. Hasilnya itu pasti penuh dengan cinta ❤




Yeay, akhirnya nambah satu lagi deh prakarya buatan saya. Entahlah saya tuh suka senang aja gitu kalau bebikinan sendiri kayak gini meskipun hasilnya masih begini-begini aja. Ada kesenangan tersendiri saat menjalani proses bikin-bikinnya. 

Baca juga: DIY Instax Camera Bag with Idekuhandmade

Sekali lagi terima kasih banyak dan super love buat Womantalk yang udah bikin acara seseru ini. Ide kelasnya selalu kreatif dan bikin happy yang datang. Semoga nanti bisa ikutan lagi ya kelas-kelas seru lainnya. Kamu yang mau ikutan coba kelas-kelasnya Womantalk bisa banget langsung kepoin ya!

Womantalk
IG: @womantalk_com | Website: womantalk.com

No comments:

Post a Comment