Friday 10 January 2020

Hell๐Ÿ’›


Tahun baru jadi momen di mana setiap impian dan harapan baru coba dibangun oleh sebagian banyak orang. "Semoga tahun ini jadi lebih baik" begitu katanya doa itu terucap.

Saya mau cerita kalau dua tahun ke belakang, bisa dibilang jadi tahun yang 'luar biasa' bagi saya. Rasanya campur aduk. Tahun yang begitu mengajarkan. Kalau diingat lagi kok kayak yang nggak pernah nyangka bisa lewatin itu satu persatu.

Sedikit flashback, tahun 2018 lalu banyak sekali kejadian yang nggak pernah diduga-duga. Bayanginnya aja mungkin nggak pernah, tapi nyatanya? Saya kembali diingatkan, jika manusia cuma bisa berencana. Ada begitu banyak yang diambil. Saat itu rasanya sangat hancur. Saya menyalahkan orang lain, saya merasa mereka yang tak berjuang. 
"Saat harapan ditaruh di pundak manusia, kecewa sering jadi teman", begitu katanya. 
Berlanjut di tahun 2019. Di tahun ini, saya mengambil banyak porsi 'jeda' untuk beberapa hal. Saya merasa butuh jarak. Termasuk dengan diri saya sendiri. Nggak tahu kenapa, kayak asing banget sama diri sendiri.

Apalagi jarak dengan beberapa orang yang ada di kehidupan saya. Sampai akhirnya, saya memilih orang-orang yang sepertinya nggak perlu saya kasih 'ruang' lebih di kehidupan saya. Beneran deh, setelah itu saya ngerasa jauh lebih tenang. Lebih baik punya circle sedikit tapi berkualitas, ketimbang banyak tapi acakadut

Katanya, akan selalu ada yang pertama kali dalam setiap hal. Dan, 'pertama kali' itu banyak sekali terjadi di tahun ini. Tahun 2019 kemarin, Tuhan kayak meluk satu-persatu doa-doa saya. Ada yang hadir persis sama dengan yang saya minta, ada juga yang hadir dalam bentuk lain yang jauuuuuh lebih baik.
Apa yang mesti pergi, ya pergi. Apa yang nggak harusnya buat saya, ya pasti saya nggak dapet. Mau sekuat apa pun saya coba.
Belajar nerimo. Tuhan tahu persis mana yang terbaik. Saat minta buat dikasih yang terbaik dan ternyata jawabannya nggak sesuai kenapa sering banget nyalahin. Terkadang saya lupa kalau 'nggak' juga jawaban.

Kadang saya suka nanya sama diri sendiri. Kenapa mereka punya. Saya belum. Kenapa mereka udah. Saya belum. Dan, ribuan pertanyaan kenapa, kenapa, kenapa lainnya yang ada di dalam kepala saya. Tapi akhirnya saya ngerti, hidup itu nggak perlu saling mendahului. Kita punya waktunya masing-masing.

Kalau terus-terusan bandingin hidup sama orang lain yang ada pusing sendiri. Berkembang enggak, mandek, iya. Mending fokus ngelakuin hal-hal yang bisa bikin kita jadi lebih baik dan happy.

Nggak pernah ngeduga kalau dua tahun ke belakang itu, jadi titik balik buat saya kenal lagi sama diri sendiri. Aneh banget, harusnya saya jadi orang yang paling kenal sama diri sendiri tapi malah ngerasa asing. Kayak kalau ketemu sama mantan yang udah nyakitin, nggak kenal. Hahaha.

Mungkin saya memang kehilangan beberapa hal bahkan seseorang, tapi karena itu saya jadi menemukan diri saya lagi. Istilahnya "i lost you but i found my self".

Tapi itu kan namanya berproses. Proses itu yang akhirnya saya nikmatin dan bener-bener bikin saya bertumbuh. Terdengar klise tapi ngejalanin hidup dengan selalu bersyukur dan ngerasa cukup dengan apa yang kita punya emang jadi 'koentji'.

Oh iya, satu hal yang juga saya pelajarin, ngerasa sedih itu gak apa-apa. Kecewa juga boleh. Gagal itu biasa. Galau juga it's ok. Ternyata, manusia boleh punya perasaan lain selain rasa bahagia. Saya sering lupa. Gak apa-apa sesekali ngerasain perasaan negatif yang hadir, tapi abis itu bangun lagi. Semua harus sesuai porsinya. Banyak perasaan sebagai manusia biasa yang perlu dirayakan.
Gimana bisa mensyukuri arti bahagia, kalau ngerasa sedih aja gengsi.
Kalau bisa ngucapin terima kasih sama seseorang. Saya mau ngucapin terima kasih sama diri saya sendiri. Makasih ya karena sudah berjuang sampai hari ini. Kadang emang rasanya sulit, tapi ternyata bisa juga kan dilewati. Sesulit apa pun, semua itu pasti berlalu kok. Masalah itu dihadapi, bukan malah lari. Yuk, sama-sama bikin hari-hari besok lebih baik ๐Ÿ’›

Hari ini, saya merasa sangat cukup.

Jadi, kalau ditanya apa resolusi di tahun 2020? Untuk saat ini kayaknya saya belum punya resolusi. Saya cuma mau lakuin yang terbaik aja setiap harinya ๐Ÿ’›

Kalau kamu?

No comments:

Post a Comment