Saturday 9 February 2019

Serba-Serbi Serunya Jadi Anak News Production | Q!Talk with Avinda Utami



Setelah sekian lamanya Q!Talk nggak pernah nongol lagi di blog, akhirnya gue memutuskan buat bikin lagi. Meskipun sebenarnya ini pun udah telat banget karena harusnya publish di bulan Januari, tapi setidaknya #mulaiajadulu. Q!Talk ini nggak gue jadwalkan kapan dia akan nongol, bisa satu bulan sekali, bisa tiba-tiba minggu depan gue publish, bisa dua bulan kemudian, pokoknya kapan pun gue mau. Gue mau nulis ini lebih tanpa paksaan atau tuntutan jadwal kapan harus dipublish. Gue mau ini ngalir aja tanpa tuntutan biar lebih santai tapi bermakna. Hahaha! Tentunya kontennya nanti semoga semakin menarik dan beda dari yang udah-udah.

Nah, sedikit membuka tentang siapa sosok yang ada di Q!Talk kali ini. Gue mau cerita dulu awal perjumpaan sama dia. Waktu itu kita berdua dipertemukan dari sebuah workshop yang diadakan oleh Blogger Perempuan. Berawal dari situ suka ikut-ikutan acara sejenis dan ternyata obrolan kita berdua pun nyambung. Salah satu alasan kenapa gue suka banget ikutan acara-acara workshop adalah karena terkadang gue menemukan orang yang tadinya asing tapi ternyata kita nyambung dan akhirnya bisa kenal sampai sekarang. Beruntungnya lagi orang itu bisa nularin inspirasi yang bikin gue dapetin ilmu-ilmu baru.

Singkat cerita, setelah lama nggak ketemu akhirnya di bulan Januari 2019 kemarin kita ketemuan. Kita berdua saling cerita kegiatan masing-masing. Seru banget ngobrol-ngobrol soal kerjaan, kehidupan, update dunia perkontenan, sampai hal-hal receh. Sehappy itu sih kalau nemuin orang yang positif dan itu bikin hidup lo makin semangat. Nah, menurut gue ceritanya Vinda sampai akhirnya dia menemukan pekerjaannya yang sekarang ini menarik banget. Hal itulah yang akhirnya mengetuk gue buat bikin Q!Talk lagi dan sharing ceritanya Vinda lewat Q!Talk ini.

So, akhirnya setelah ngobrol-ngobrol akhirnya jadilah Q!Talk pertama di tahun 2019. Kepo nggak sih sama kerjaannya Vinda yang tergabung sebagai anak News Production di CNN Indonesia? Yuk, baca obrolan lengkapnnya di bawah!

1. Halo Vin, sebelum kita ngobrolin lebih jauh soal kerjaan sebagai anak produksi di televisi nih. Lo sebelumnya kuliah di mana dan ambil jurusan apa sih?

Well, menjawab pertanyaan pertama nih ya. Aku lulus di pertengahan 2013, dan selang beberapa bulan aku langsung pilih masuk perguruan tinggi swasta di Jakarta. Yaitu sebuah universitas yang umurnya bisa dibilang tua, tapi punya track record berkelas didunia media, yang emang spesialisasi nya sekolah Jurnalistik. Aku mahasiswi ‘Kampus Tercinta’ Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta, yang menempuh pendidikan regular 4 tahun di jurusan konsentrasi ilmu Jurnalistik. Kenapa aku pilih ‘Ilmu Jurnalistik’, dulu dari aku masih TK, ayahku punya kebiasaan ajak aku untuk nemenin dia nonton berita di jam-jam menuju maghrib. Alasannya satu, biar Avinda Dewasa nanti punya candu membaca atau aware sama informasi terbaru di dunia ini. Sim salabimmm! ibarat memupuk benih-benih harapan sejak dini, Avinda yang mulai masih TK menuju SD ini mulai berani tampil. Yapsss, jadi pas SD itu aku langganan majalah BOBO, aku nyandu sama dongengnya Nirmala, makannya aku langganan banget BOBO. Dan dari situ, aku dapet keuntungan yaitu sebuah info semacam kontes reporter cilik yang syaratnya sederhana sekali, jadi kita bisa buat liputan apa aja yang berupa hal menarik, dan nanti kirim pos ke alamat redaksi BOBO. Karena ayahku seorang Atlet sekaligus Tentara Angkatan Darat, aku memutuskan untuk meliput adanya Teng Baja di Batalyon tempat ayahku tugas. Dan menariknya, Teng Baja untuk perang itu dipajang cuma beberapa hari, untuk bisa dinikmati warga sekitar. Sebenernya random banget liputan aku itu, tata bahasa akupun ngawur abis, hanya modal verbatim selayaknya anak kecil cerita habis lihat teng baja, tapi usaha ayahku ngirim hasil liputan itu gak sia-sia. Dan terbitlah foto aku diatas teng baja sama ayah yang aku jadikan narasumber, di salah satu edisi terbarunya saat itu. 


Lucu sih, kalo inget itu kaya dibolehin jajan ciki rasanya (kalo dulu) dan dari situ ayahku bilang gini, “nduk reporter itu nanti kerjanya kaya gini, liputan hal-hal yang punya nilai lebih. Kalau kamu suka dan berminat, perbanyak baca dan ikutin berita! Just it!!!!” Dan yaa, seiring berjalannya waktu, itu semua mulai dipahami dan mulai terarah. 

2. Sebelum memilih jurusan itu, apakah lo udah punya bayangan atau mimpi setelah lulus lo akan terjun ke dunia televisi?

Yapp jelas, itu udah ketanem dari aku masih kecil! Lanjutannya gini, pas SD aku cenderung konsen jadi anak-anak yang hobinya olahraga. Bahkan  dulu konsennya jadi juara gymnastik atau senam artistik, namanya juga anak-anak yaa banyak penasarannya. Tapi itu semua berubah ketika aku masuk SMP dan SMA. Jadi pas SMP itu ada ekskul Mading a.k.a Majalah Dinding. Yang ternyata pas aku tanya-tanya kakak kelasku mereka bilang, tiap minggu kalau kamu suka nulis puisi atau cerbung, cerpen boleh dikirim ke kita nanti guru bahasa Indonesia yang seleksi supaya bisa ditempel di Mading. Seneng bukan main, jadi pas SMP itu aku ambil bagian jadi penulis konten untuk puisi dan cerita lepas. Seneng banget sampe nilai bahasa Indonesiaku selalu bagus, bahkan aku sempet dimusuhin ketua kelas dan sekertaris kelas gara-gara nilai mereka pernah kegeser sama nilai ujian bahasa Indonesiaku. Secara mereka berdua anak olimpiade (kesel kali ya disalip sama anak weird macam aku ini hahahaah ketawa jahat :D tapi yaa prinsip roda berputar kawan hahaha)

Dan candu ini menjalar sampe aku SMA , dimana eksplor dunia MADING ini makin luas untuk dunia aku saat itu. Di SMA, anak MADING itu dipandang kece abisssss, dan pasti jadi bagian anak OSIS atau anak-anak debat bhs. Inggris wkwkwkkwk gaya betttt aseli ahahaha. Salut sih aku tuh sama kakak-kakak seniorku yang mampu nge-Branding MADING jadi Hitzz abis. Ternyata iyaa bener banget, pas masuk ekskul MADING SMA, tuntutannya banyak. Bahkan ada seleksi ala-ala liputan pensinya. Wohhhh seru banget, dan aku merasa ketantang jadi macu untuk totalitas. Terbukti aku dapet kesempatan lomba-lomba story telling, speech contest, debate contest sampe bikin karya ilmiah yang waktu itu alhamdullilah masuk 30 besar diajang Internasional. Dari situ aku bener-bener mulai banyakin relasi terutama guru bimbingan konseling aku yang helpfull banget. Dan dia semangat banget arahin aku nantinya mau apa dan gimana. Sampai memantapkan hati dan goals kedepannya ketika bener-bener pengen jadi jurnalis. 


Guruku sempet bilang gini; “Ibu dulu kuliah komunikasi, pengen jadi presenter tapi emang bukan rezeki, tapi setelah ibu tau ada murid ibu yang mau kearah sana, ibu seneng dengernya. Semoga bisa terwujud.” Voilaaaa aku mewujudkannya bu guru yeayyyy :D , bahkan ketika masuk dunia kuliah, semua pintu dunia jurnal itu kaya dipermudah, bahkan aku bener-bener menikmati sekali masa 4 tahun kuliah itu. 

Bukannya sombong ya, tapi jujur aja mata kuliah Bahasa Indonesia Jurnalistik itu super susahhhhhh kaya Bahasa Indonesia. Tapi aku ngerasa itu semua nikmat, karena emang antusiasnya udah on fire kali ya. Sempet ditakut-takutin banyak yang ngulang kalo matkul Bahasa Indo Jurnalistik itu, tapi alhamdullilah usaha keras tidak mengkhianati ya. Aku bisa sekali melaju dengan mulus dan hasil memuaskan . Makinlah aku mantap untuk bener-bener pengen jadi bagian dari perumus konten di sebuah media. Bahkan step by step untuk bisa berkarir di media juga mulai kebentuk, mulai dari aku harus punya skill apa, pengalaman apa sampe nilai aku dan kualitas diri aku sampe mana, dan yang penting juga, media mana yang aku pilih. Ini penting juga

3. By the way katanya waktu kuliah lo pernah magang di Starbuck? Coba ceritain dong hal apa aja yang paling berkesan buat lo pada saat itu?

Nah, jadi ini bermula di semester 6 kuliah, dimana mata kuliah udah ga banyak dan punya waktu luang yang lebih. Secara kuliah cuma 3 hari, dan sisanya bisa aku manfaatin dengan kegiatan lain. Sebenernya pas disemester ini juga aku disibukin berbagai kegiatan lain, tapi aku pengen punya penghasilan lebih, karena aku pengen les bahasa perancis saat itu. Tapi ga punya uang tambahan, kalo minta orang tua mungkin bisa aja dijabanin. Tapi aku ngerasa beasiswa orangtua terlalu istimewa, dan gak ada salahnya juga untuk mengkaryakan diri sendiri dan belajar sesuatu yang baru, diluar passsion aku. Juga belajar usaha untuk mendapatkan sesuatu hal itu butuh proses dan waktu. Jujur aku kaget, pas aku lolos mudah jadi barista di sbux, tempat nongki fancy yang bawa tumblr nya aja tingkat kepedean naik kali yaa hahahaha. Aku ditempatin di sbux perkantoran ekpatriat di kawasan Cilandak. Dengan jam kerja yang bisa mengikuti jadwal kuliah, capek jujur capekk karena daily activity aku disana gak cuma jadi peracik espresso , americano atau latte art coffee. Aku juga lap meja, jendela, dapur, cuci piring, beresin alas bekas tamu. Bahkan dulu di kampus aku sempet dinilai kaya babu resto. Tapi aku happy, karena interaksi aku disana diluar dugaan, aku jadi practice english everyday, karena emang gedung kantornya mayoritas orang-orang expatriat itu tadi dari berbagai belahan negara. 

Awalnya aku gak pede, takut orang-orang bakal ngatain aku itu tadi (babu resto), tapi lama kelamaan aku bangga diri, karena sesama barista ku gak main-main dong, ada anak kampus UPH, UI, Binus dll. Mereka anak kampus bergengsi yang gak gengsian juga. Cakep-cakep dan cantik-cantik pulakkk, have a good communication skill with customer.  Rasa gak pede itu jadi naik level, aku bisa punya koleksi tumbler yang bisa didapetin gratis atau beli setengah harga yang eksklusif, aku bisa ngomong bahasa inggris terus, lumayan banget buat latihan conversation gak harus les. Terus duit tambahan jelas dapet, bisa belajar cara membuat daya tarik apalagi customer, seneng bukan main kalo punya customer langganan yang maunya sama kita ordernya. Seneng aja gitu, apalagi waktu itu aku punya loyal cust dari Pakistan. 

Dan percaya atau tidak, sekarang aku masih kontakan di wasap sama dia, bahkan info update dia pindah ke Dubai pun aku tau haahahaha, karena aku anggapnya ini relasi internasional lah yaaa. Sampe dia tau sekarang aku di CNN, dia terkejut dan makin banyak cerita. Juga waktu aku ada kesempatan ke spore dan malaysia, aku jadi punya temen yang dulunya customer, sekarang jadi private tour guide also very welcome banget waktu mereka tau aku mau ke negaranya. Ahhh sesenang itu yaa. Tapi aku gak lama, Cuma setahun jadi barista karena aku mulai konsen saat itu untuk ke sesi tugas akhir kuliah. So far, dengan aku punya pengalaman jadi barista, aku jadi punya trik tersendiri biar puas kalo  sekarang pengen ke sbux buat jajan hhaaha. Namanya pegawai restorasi, wajar kalo ngelakuin clean up dan menjaga storenya tetap nyaman. Bukan dianggap babu resto, anggapnya kaya kita dirumah aja, selalu bersih-bersih, masak , cuci baju, supaya rumah rapih, ada tamu datang betah yaa kurang lebih kaya gitu. Berkesan banget jujur. Kadang kangen pengen iseng-iseng gitu jadi barista lagi.

4. Dulu kan lo pernah ikutan Kelas Penyiar tuh, apakah itu salah satu hal yang lakukan juga demi bisa berkarier di dunia jurnalistik?

Yaps sesuai dengan step by step untuk bisa berkarir di media. Aku list komunitas ini jadi batu loncatan juga. Jadi aku mulai ikut seleksi free class nya Kelas Penyiar ini, untuk isi waktu liburan semesteran dan kelas KPI ini diadainya seminggu sekali 4x pertemuan selama sebulan. Materi pembelajaranya, How to Branding yourself in social media yaap cause we life as a millenial also digital era, next public speaking,  announcing skill, and tv broadcast include tv host, anchor, presanter, moderator, master of ceremony) itu semua aku dapetin di KPI dan dapet bonus media visit waktu itu ke Kompas. Lulus dari short class pun bersertifikat ceilahhhh hahaha senanggggg. Dan nambah temen lagi dong yaa senang pulakkkk, eh lalu dapet kesempatan ikut pelatihan 3 bulan di Tabloid Bola yang sekarang udah tutup sadddd, tapi lewat pengalaman itu aku bener-bener merasa jadi value person ketika masuk dunia kerja. 

Eitsss tapi pertanggungjawaban itu aku jalankan sebaik-baiknya. Dan ikut pelatihan itu pun gak gampang, aku harus seleksi juga dan ada essai yang harus aku isi untuk meyakinkan bahwa aku layak ikut pelatihan itu. Mentornya langsung sama jurnalis olahraga, fotografer  pro atlet dan interaksinya bener-bener sama atletnya. Dan golden tiketnya sebelum dinaytakan lulus saat itu, ada sesi ujian untuk bisa liputan bulutangkis Indonesian Open 2015 waktu itu. Wahhh seneng, terharu dan amazing banget sama diri sendiri yang bisa ngelewatin itu semua. Dan ternyata langkah aku memilih gabung di KPI dan ikut Pelatihan jurnalistik ini bener-bener gong bangettttt untuk jadi pengalaman aku sebelum di terima di media ku saat ini. Senengnya karena alur yg aku buat ternyata sesuai.




5. Oh iya, sebelumnya kan lo juga pernah cerita kalau akhirnya lo bener-bener kerja full time di CNN sebagai New Production. Lo pernah magang dulu, nah coba ceritain gimana proses dari mulai magang sampe ada di posisi sekarang ini?

Oke, jadi setelah lulus, aku masih disibukin wara-wiri liburan dan belum kepikiran mau langsung apply ke media. Pengen quality time dulu ceritanya, lalu pas aku di lagi liburan di Bali, aku ngeliat ada wartawan CNN Internasional dari Amerika, bikin liputan di GWK yang saat itu masih baru rencana mau dibuat. Aku seneng kan ngeliat orang liputan tuh, sampe akhirnya nama CNN Indonesia ngelewat dipikiran aku. Skip sejenak karena edisi liburan, pas sampe rumah nih, mulai inget lagi CNN Indonesia itu apa, dan kantor nya dimana. Berselancar lah dengan mbah gugel untuk menguak CNN Indoensia, ternyata baru launching di Indonesia pada 2015. Dan di asia itu Cuma ada di Indoensia sama philipina, mungkin sekarang ada lagi kali ya. Karena license nya tv luar, ini sih yang aku taksir. Kemungkinan independennya pasti iya. Dima akita tau tv-tv yang ada saaat ini banyak berpihak, apalagi kalau pemilik medianya orang poltik. Aduhhh bingung juga yaah, gak mau aku kerjanya melintir berita jadi fitnah, membenarkan yang salah dan menyalahkan yang benar hahahaha

Tapi masuk CNN magang saat itu alhamdullilah aku dipermudah, tanpa orang dalem jugak. Dan aku pasang mindset ‘aku pasti bisa’, alhamdullilah keterima. Singkat cerita 3 bulan jatah aku magang disana, dan aku ditempatkan untuk membantu tim produksi CNN Insight with Desi Anwar. Wow Anchor senior dan aku bisa ketemu dia tiap hari ahahaha. Tiga bulan di CNN aku banyak berinteraksi sama senior produser, anchor , produser , production assistant dan semua. Sampe nama ku mayan dikenal sama divisi-divisi disana karena anak magang yang suka wara-wiri mau kenalan. Ini penting untuk aku, karena aku punya niatan pengen belajar disini dan berkarir jadi bagian CNN. Tiga bulan hampir selesai, dasar rezeki mungkin ya. Doa ku saat itu ke allah minta dipertemukan dengan jodoh karir yang memang berkah dan aku bisa belajar banyak. Allah maha baik dan ngabulin doa aku, bahkan senior produser program aku magang bikinin surat rekomendasi ke HR untuk angkat aku jadi karyawan disini. Luar biasanya, setelah selesai urusan magang, nunggu 2 minggu aku langsung di telpon hr untuk nego gaji dan taken kontrak. Wahhhh terharuuuu bangettttt aku disitu. Sampain hari ini aku ternyata mewujudkan semua step by step aku, aku diposisi yang sesuai yang aku mau dan aku butuhkan. Nikmat banget hasil usaha sendiri.

6. Seorang News Production itu kerjaannya ngapain sih? Coba ceritain dong!

Resmi jadi bagian CNN aku dapet posisi production assistan di tim news produksi , dimana ritme kerjanya mengikuti program apa yang kita garap. Mulai dari pra produksi nentuin konten dan perintilannya, tahap produksi yaitu gimana program acara kita ini sesuai dengan prosedur, sampai tahap pasca produksi yaitu tahap evaluasi yang berlaku setiap hari setelah on air program. Awalnya aku kaget karena ini hal baru banget untuk aku, tapi lama kelamaan aku mulai kasmaran saya program yang aku pegang. Aku anggep dia anak aku yang harus aku urus, aku rawat sampe dia jadi orang yang berguna. Dan ya itu semua bisa aku rangkul sekarang.

7. Nah, kalau soal jam kerjanya sendiri itu gimana?

Emang sih random banget, apalagi sistem kerja media itu sering rolling. Dimana untuk penyegaran konten, kita pasti kena pindah program. Dulu awal mula masuk CNN pas magang, aku di program feature yang jamnya office hour, weekend pun libur. Pas mulai jadi karyawan aku dapet program CNN bisnis yg on air pukul 3 sore, jadi jam kerjaku siang dari pukul 11 sampai pukul 5 sore, tuntutannya aku harus mulai jatuh cinta sama dunia ekonomi. Weekend pun masih libur. Lalu 3 bulan berikutnya aku dipindah lagi ke program CNN Connected, yang segmentasinya millenial banget dan tuntutannya harus update yang trending di socaial media. Lalu ada rolling massive dan besar-besaran, terpental lah aku di program CNN Internasional yaitu CNN The World Tonight , yang sekarang ini aku jalanin. Jam kerjanya bener-bener sampe nuker jam tidur aku, start pukul 5 sore samapi 12 malam. On air pukul 21.30 sampai 23.00 wib.

Pokoknya sampe tahap pasca produksi kelar itu pukul 12 malam, belum lagi pengen ngobrol-ngobrol kan atau apalah sampe rumah bisa pukul 2 pagi bahkan subuh, jam tidur udah jelas, aku bisanya pagi atau siang. Sempet badanku kaget diawal-awal sampe bed rest seminggu karena amsyong ini badan dan pikiran hahaha. Tapi setelah itu aku mulai ngerancang ritme kerja, istirahat dan lainnya. Dan alhamdullilah sekarang udah nyaman dan badan pun udah aku obrolin baik-baik. Semenjak sakit aku bonding sama diri aku sendiri dan banyak bicara, kalau sekarang kita kerja malem, kalau mulai ga enak badan, cepet kasih tau aku supaya bisa antisipasi jangan sampe drop banget. Dan sekarang aku udah kompak sama badan, suasana mood dan pikiran aku. Intinya kalau kerja di media, banyak banyakin happy dan kenali badan sendiri.

8. Momen apa yang paling berkesan selama lo bekerja di CNN dan itu jadi pelajaran berharga banget buat lo?

Ini nih, awal aku mulai kerja itu kaya roller coaster. Apalagi newbie yaa duhhh kudu sabar-sabar. Pernah aku dimarahin produser karena typo, juga pernah dipandang kurang fast learn, dan sempet tertekan karena baper dimarahin bos hahahaha. Tapi dengan pecutan itu semua, bikin aku makin melotot bahwa ini belum apa-apa. Aku mulai belajar lebih untuk makin kenal sama profesi ku, apa aja yang harus aku kerjain dan paham betul. Anggepnya ini suami aku yang total aku harus paham dia seutuhnya hahahaha. Aku seneng menggunakan berbagai hal untuk dikaitakan dengan keseharian, karena bikin kita jadi lebih memiliki.

Dari situ, ternyata aku baru tau, kalo production assistant itu juga harus bisa dubbing berita paket. Gunanya apa, efisiensi sih, biar ga ribet nyari orang lagi. Karena kita kerja cepet, dan real time tiap detik pasti ada peristiwa, multi tasking dan multi skill itu perlu. Samapai akhirnya aku paham sungguh-sungguh apa yang aku kerjakan. Dan pecutan bos-bos itu jadi seni nya aku dan memperindah proses aku belajar dalam berkarir untuk menghasilkan sebuah karya.


9. Nah, yang menarik adalah saat gue liat lo jadi pengisi suara atau dubber untuk tayangan berita televisi gitu. Itu gimana ceritanya?

Itu tadi karena aku abis diomelin atasan kwkwkwkw, jadi aku mulai latihan gimik suara. Kebetulan suaraku bisa diterima tim editor berita saat itu, juga pas di review produser pun diterima. Dari situ aku latihan lagi setiap hari supaya punya ciri khas dan alur nada baca yang tepat. Karena beda nada, ketika aku dubbing berita hard, soft dan berita hiburan, Semuanya punya tone yang berbeda. Klo sebelumnya di ig aku dokumentasiin tone berita hiburan, next nya nanti aku coba deh ya untuk share dubbing berita soft dan hard. Dari situ, aku mulai terbiasa deh bikin konten, cari video nya untuk visual kan ya, dan dubbing sesuai dengan stylenya. Dan sounds on hahahaahaha.

Buat temen-temen yang mau dengerin suaranya Vinda, bisa diliat di video bawah ya!



10. Menurut lo hal apa yang wajib dipunya kalau mau kerja sebagai news production?

Niat, sungguh-sungguh dan mental kuat itu penting. Angkatan aku pas masuk belum genap 6 bulan udah pada ajuin resign alasannya macem-macem ada yang ngerasa ga pasion ( ngapain apply atuh yak wkwkwk), ada juga yang gak siap dengan jam kerjanya (kenapa ga survei duku sih konsekuensinya, sebel ah wkwkw), ada juga yang menganggap masih ada kerjaan lain. Yapsss emang bener kerjaaan banyak, tapi liat banyak juga yang pengen kerja tapi susah. Makannya penting banget niatin yang ikhlas, bersungguh-sungguh cari info info sebanyak mungkin bahkan cari juga benefit dan konsekuensi yang bakal kita terima. Bagi aku ini penting, karena bekerja itu bagai berkarya, kalau mindset kita money oriented mau kerja apapun dan dimanapun pasti susah berkembang, sulit punya karya. 

Realistis sih kerja juga pengen punya duit ya. Tapi ga ada salahnya, ketika kita menghasilkan dari sesuatu hal yang kita suka. Anggepannya hobi yang dibayar. Dan plisss aku suka gemes banget sama orang-orang jang kadang mikirnya dangkal dan main berserah diri saya tuhannya. Ingettt ya Tuhan juga makin sayang kalau kitanya usaha penuh, karena  than juga punya banyak job untuk memenuhi semua keinginan umatnya. Jadi berkerjalah sesuai dengan yang memang kita suka. Tapi bukan berarti ga boleh lintas passion yah, oh itu silahkan, tapi pasti bakal beda aja gitu. Dan akan lebih punya kesan, lebih punya cerita dan lebih punya ciri khas ketika kita ulet dan konsisten. Sebenrnya ini bukan Cuma untuk news production ya, siapapun ngikutin berita bisa aja jadi tim news produksi, tapi ini mudah-mudahan bisa dijadikan mindset untuk bidang apapun.




11. Terakhir nih, di tahun 2019 ini hal apa yang pengen lo capai atau tantangan apa yang pengen lo coba lakukan?

Terakhir nih yaa, wahh ga kerasa yah semoga gak bosen bacanya hehehe. Di tahun ini sebenernya pijakan nikmat aku dalam berkarir, karena di 2018 itu masa-masa fighting aku banget untuk merintis dan pengen punya karir. Dan 2019 ini masih panjang, doaku untuk saat ini minta untuk makin ditingkatkan rasa ingin maju nya, sehat, dan jangan jadiin aku orang mudah putus asa. Karena kalau aku makin tertanam rasa ingin maju itu tadi, apapun itu kedepannya yang menjadi langkah aku berkarya pasti akan mudah. Tantangannya, pengen jadi produser suatu program disini, jadi aku bakal on fire terus ningkatin kualitas kerja, supaya aku bisa jadi produser. Amiin


Wah, seru banget ya perjalanan karirnya Avinda sampai bisa jadi kayak sekarang ini. Dari ceritanya Avinda, gue atau mungkin kalian juga bisa belajar tentang bagaimana menghargai setiap proses yang terjadi di hidup kita masing-masing. Nggak ada yang instan, semua mesti dijalani step by step. Kalau lo di awal-awal udah ngeluh, gimana mau nikmatin prosesnya, apalagi hasilnya. Pokoknya terus lakukan apa yang menurut lo baik dan ketika sudah dilakukan, lo kudu tanggung jawab sampai akhir.

Semoga Q!Tak kali ini bisa jadi semangat dan inspirasi juga ya buat kalian yang sudah mampir dan baca. Oh iya, buat kamu yang mau ngobrol-ngobrol sama Vinda bisa colek dia di Instagram @avndau. Sampai ketemu lagi di Q!Tak selanjutnya!

Because, Sharing is Caring!

Xx

No comments:

Post a Comment